Penemu Internet



Sir Timothy Berners-Lee adalah bapaknya internet. Betapa tidak, Lulusan Universitas Oxford, Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web, yang didasarkan hypermedia inisiatif-internet untuk berbagi informasi global sementara di CERN , Eropa Laboratorium Fisika Partikel, pada tahun 1989. Dia menulis klien dan server web pertama tahun 1990. spesifikasi Nya URI, HTTP dan HTML yang disempurnakan sebagai menyebar teknologi Web.

Lahir di London, 8 Juni 1955, Berners-Lee, yang biasa dipanggil ”TimBL”, adalah insinyur dan ilmuwan komputer Inggris. Ia adalah salah seorang profesor Massachusetts Institute of Technology (MIT) berkat penemuannya itu, WWW. Ia menyampaikan proposal penemuannya itu pada Maret 1989 dan setahun kemudian menulis software web untuk pertama kali.

Dibantu Robert Cailiau, ilmuwan komputer Belgia, dan beberapa mahasiswa muda di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir), Berners-Lee sukses menerapkan penemuannya itu pada 6 Agustus 1991, di mana saat itu terjadi komunikasi antara klien HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan server melalui internet. HTTP merupakan fondasi data komunikasi untuk World Wide Web yang ditemukan Berners-Lee. Pada tanggal tersebut, lahirlah situs web pertama di CERN dengan alamat http://info.cern.ch/hypertext/www/theprojet.html, yang sekarang disingkat menjadi http://info.cern.ch.

Berkat temuan Berners-Lee, manusia tersambungkan satu dengan yang lain dengan mudah dan murah melalui internet. Sekarang, informasi apa pun sudah bisa digenggam dan dibawa ke mana-mana melalui ponsel pintar. Dengan WWW, manusia tidak lagi berjarak satu dengan lainnya. Bahkan, dalam buku The World Is Flat, Thomas L Friedman mengatakan, setiap orang dari belahan dunia mana pun memiliki kesempatan yang sama jika memanfaatkan internet.

Jarak dan waktu menjadi dikesampingkan, menjadi tidak bermakna. Orang dari belahan dunia mana pun asal tersambungkan ke internet dapat dengan mudah menyampaikan pesan, secara langsung (real time) atau sekadar tunda beberapa saat. Orang bisa berkomunikasi lewat Facebook, Twitter, atau Yahoo Messenger, juga bisa bercakap-cakap lewat Skype, cukup dengan menulis WWW temuan Berners-Lee di depan nama situs tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

please comment :