DARK MATTER

Dark Matter adalah salah satu kasus misterius alam semesta. Dakr matter adalah sebutan untuk suatu materi dialam semesta yang tidak dapat dilihat dan dideteksi secara lansung. Jangankan isi dan kandungan materi bentuknya pun masih belum banyak kejelasan. Keberadan materi aneh tersebut menimbulkan spekulasi tersendiri bagi sebagian orang. Sebagian orang menganggap hal tersebut sebagai bualan dan khayalan belaka atau bahkan beberapa meyakini disanalah dimensi kekekalan berada. Benarkah Materi tersebut ada ? Dan apakah sebenarnya dark matter tersebut ?

Dark matter adalah sebutan untuk materi alam semesta yang tidak dapat dideteksi dari radiasi gelombang ataupun penyerapan radiasi yang datang ke materi tersebut. Kaberadaan "Dark Matter" dapat dibuktikan dengan adanya efek gravitasi materi-materi yang tampak seperti bintang dan galaksi. Setelah terjadinya dentuman besar (Big Bang) materi -materi alam semesta terurai menjadi bentuk yang beragam, mulai materi yang tampak galaksi, bintang, planet dan materi yang tidak tampak berupa dakr matter. Berdasarkan efek gravitasi selalu menunjukkan bahwa sebenarnya lebih banyak materi yang tak tampak daripada materi tampak. Materi tak tampak tersebut dapat menyelesaikan ketidak konsistenan dalam teori dentuman besar.

Penyelidikan dark matter bermanfaat untuk menentukan prediksi awal alam semesta dan memprediksikan akhir dari jagat raya. Saat ini di ketahu alam semesta mengembang. Sebagai buktinya adalah pergeseran merah. Banyaknya materi biasa yang terlihat tidaklah cukup untuk membuat gravitasi menghentikan pengembangan alam. Hanya materi yang tak tampak itulah penyeimbang pengembangan alam semesta. Dan bahkan pada prinsipnya jumlah dark matter dapat menyebabkan pengembangan alam semesta terhenti atau bahkan kebalikannya.

0 komentar:

Posting Komentar

please comment :